Variabel
yang membuat sekolah bermutu adalah guru-gurunya yang memiliki tingkat adaptsi
yang tinggi dalam lingkungan yang selalu berubah. Ilmu pengetahuannya selalu
terbarukan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang
semakin cepat. Kemajuan sekolah dipengaruhi oleh tingkat perkembangan
keterampilan guru dalam mendongkrak kemajuan siswa belajar. Keterampilan
terbaiknya adalah membuat siswa belajar bagaimana caranya belajar.
Guru
yang efektif yang membuat siswanya balajar mandiri, meningkatkan
keterampilannya karena kemauan belajarnya yang meningkat dari waktu ke waktu.
Kemajuan sekolah didorong oleh kemampuan guru selalu menyajikan hal-hal yang
baru sehingga siswa memiliki motivasi yang kuat untuk mengeksplorasi banyak
fenomena untuk mendapatkan pengetahuan yang baru.
Sekolah
yang bermutu memiliki orang tua yang partisipatif mendukung siswa mempersiapkan
dan meningkatkan aktivitasnya mempelajari berbagai hal yang bermutu.
Meningkatkan kemauan siswa untuk selalu bekerja dengan baik. Pemantapan
belajarnya selalu tertingkatkan melalui pengulangan dan pembiasaan. Orang tua
yang efektif adalah yang memahami kebutuhan siswa belajar, mendukung guru-guru
bekerja efektif.
Sekolah
yang efektif adalah sekolah yang dapat memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah
dan lingkungan global yang diintegrasikan dengan teknologi sehingga dinding
kelas tidak menjadi pembatas pikiran siswa untuk berkembang. Sekolah mampu
mengintegrasikan sumber daya sekitar wilayahnya menjadi bagian dari peraga
pembelajaran yang efektif. Pelaksanaan pendidikan terintegrasi pada kemajuan
masyarakatnya dan terkait pada kemajuan yang bangsa-bangsa lin pamerkan.
Pikiran siswa dibuka lebar dengan wawasan global.
Variabel
utama penentu kemajuan ialah kepala sekolah. Kepala sekolah adalah kunci
kemajuan sekolah. Semua potensi yang tersedia di sekolah tidak akan berarti
apa-apa di tangan kepala sekolah yang tidak kreatif. Sebaliknya berbagai
keterbatasan akan perubah di tangannya karena ia cerdas mengolahnya.
Kepala
sekolah menggerakan seluruh insan di sekolah dengan cepat dan aman,
seperti seorang pilot persawat jumbo yang selalu sigap menghadapi berbagai
perubahan dan tantangan, pemberani dan penuh berdisiplin, berpikir
dan bergerak cepat. Pikirannya selalu jauh melampaui pandangan
orang-orang di sekitarnya karena karakternya yang selalu mendahului orang dalam
belajar. Perhitungannya lebih kuat, lebih cepat, lebih dinamis, lebih mengarah,
lebih teriorganisir dalam memfasilitasi dan menggubah semua potensi
menjadi prestasi.
Sumber
: http://gurupembaharu.com
0 komentar:
Posting Komentar